Kamis, 15 Januari 2015

MANFAAT DAUN MIMBA DALAM PERLINDUNGAN TANAMAN






Usaha peningkatan produksi pertanian tidak hanya dilakukan melalui pemupukan tetapi juga melalui upaya perlindungan tanaman agar tanaman bebas dari serangan hama dan penyakit. Untuk pemberantasan hama dan penyakit tersebut salah satunya adalah dengan menyemprotkan pestisida. Pestisida yang digunakan dapat menggunakan pestisida yang terbuat dari alam yang disebut pestisida alami.
Mimba (Azadirachta indica A. Juss; Mileaceae), merupakan salah satu tumbuhan sumber bahan pestisida (pestisida nabati)  yang dapat dimanfaatkan untuk pengendalian hama. Sampai saat ini pestisida kimia masih merupakan satu-satunya senjata pamungkas petani untuk pengendalian OPT di lahan pertanian, karena mudah didapat, tidak repot, dan hasilnya segera dapat dilihat. Penggunaan pestisida oleh petani cenderung sangat berlebihan, sehingga berdampak negatif terhadap konsumen maupun ekosistem pertanian. Salah satu cara alternatif untuk mengurangi pencemaran lingkungan adalah dengan penggunaan pestisida nabati.
          Daun dan biji pada tanaman mimba mengandung beberapa komponen dari produksi metabolit sekunder yang diduga sangat bermanfaat dalam bidang pertanian maupun farmasi (obat-obatan dan kosmetik). Penggunaan pestisida alami dari daun mimba, seringkali hamanya tidak akan mati seketika setelah disemprot, namun memerlukan waktu beberapa hari untuk mati. Namun demikian, hama yang telah disemprot tersebut daya rusaknya sudah menurunn, karena dalam keadaan sakit. (Ruskin,1993)
          Manfaat daun mimba sebagai pestisida alami sangat menguntungkan bagi para petani karena selai mudah didapat dan dibuat sendiri , para petani juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Pestisida alami dapat membunuh atau menganggu serangga, hama dan penyakit melalui cara kerja yang unik, yaitu dapat melalui berbagai cara / secara tunggal. Cara kerja pestisida alami sangat spesifik, yaitu :
·        Merusak perkembangan telur, larva dan pupa
·        Mengganggu komunikasi serangga
·        Menurunkan nafsu serangga
·        Menghambat reproduksi serangga betina
·        Menghambat perkembangan pathogen penyakit
Kesimpulan yang didapat dari pembahasan diatas adalah pengendalian hama dengan menggunakan daun mimba sebagai insektisida alami mempunyai beberapa keunggulan, antara lain :
·        Dialam senyawa aktif mudah terurai sehingga menghasilkan produk pertanian yang sehat karena bebas residu pestisida kimia
·        Cara kerjanya spesifik, sehingga aman terhadap manusia, lingkungan dan ternak
·        Tidak mudah menimbulkan resistensi
·        Tidak menyebabkan keracunan pada tanaman itu sendiri

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar